Detil Kawasan Jojogan Dieng

foto

Ada 13 jalur pemanjatan di kawasan ini

ID78
Nama KawasanJojogan Dieng
KecamatanKejajar
CityKabupaten Wonosobo
StateJawa Tengah
Info

Kawasan Pemanjatan Jojogan Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan yang terdiri dari beberapa tebing batu yaitu Watu Tedeng, Watu Lancip, Watu Python, Watu Ratapan. 

Watu Ratapan adalah berjenis batu andesit yang pada zaman dahulu ditambang untuk dijadikan batu candi, dan sisa jejak kegiatan tambang masih terlihat dengan jelas dari beberapa pecahan tidak sempurna yang terlihat di dinding-dinding batu di Watu Ratapan. 

Untuk mencapai kawasan ini melalui Wonosobo menuju Desa Jojogan Kec Kejajar. Jika menggunakan pesawat udara bisa melalui Bandara A Yani Semarang atau Yogyakarta disambung melalui jalan darat sekitar 3,5 jam. Setelah sampai di Dataran Tinggi Dieng pemanjatan akan dipandu oleh pemanjat-pemanjat BMU sebagai komunitas pemuda Desa Jojogan yang telah membuka kawasan pemanjatan ini pada awal Feb 2015 bersama dengan Komunitas Panjat Tebing Merah Putih.

Informasi lain juga sangat penting adalah kawasan pemanjat ini berada pada ketinggian lebih dari 2.000 diatas permukaan laut. Artinya temperatur di kawasan ini antara 10-15 derajat celsius, bahkan pada musim kemarau bisa dibawah 0 derajat. Sangat sesuai untuk menjadi tempat simulasi untuk melakukan ekspedisi pemanjatan bersuhu rendah seperti di Pegunungan Alpen Eropa atau Himalaya.

Keterangan

Daftar Tebing

  1. Watu Tedeng (Watu Tedeng)
  2. Watu Lancip (Watu Lancip)
  3. Watu Ratapan (Watu Rata)
  4. NA (Watu Phyton)

Daftar Jalur Pemanjatan

  1. BMU 01
  2. Corner
  3. Palah & the gang
  4. BMU Merah Putih
  5. Carica
  6. Kiwi Dieng
  7. Sideway
  8. Kentang
  9. Cabe Bendotan
  10. Labu Siam
  11. Di Atas Awan
  12. Embun Es
  13. Putri Thailand

Peta Menuju Kawasan